cari

Bahaya Radiasi Gelombang Elektromagnetik Bagi Kesehatan Masyarakat di sekitar Menara Pemancar Sinyal Telepon Seluler (Base Transceiver Station)”.



BAB I
PENDAHULUAN


A.   LATAR BELAKANG
Komunikasi telah berubah menjadi kebutuhan penting saat ini, komunikasi melalui jaringan telepon seluler tampaknya yang berkembang paling luar biasa. Dalam 10 tahun terakhir makin banyak yang perusahaan tertarik terjun dalam bisnis layanan komunikasi, Semua orang senang dan tidak ada yang risau tentang bahaya yang timbul dari alat tersebut. untuk meningkatkan Coverage Area maka perusahaan telekomunikasi berlomba-lomba membangun menara pemancar baru atau sering disebut BTS (Base Transceiver Station). Tetapi tidak banyak orang yang mengerti bahwa sebuah menara pemancar telekomunikasi membawa dampak paparan radiasi elektromagnetik bagi masyarakat disekitarnya,yang mungkin saja mengganggu kesehatan bagi masyarakat disekitar pemancar tersebut.  Sejumlah pusat penelitian dan perguruan tinggi juga melakukan riset dengan hasil yang masih kontroversial, dari sebuah keberadaan menara pemancar.

Berbagai opini yang timbul membuat masyarakat menjadi bingung. Di satu sisi komunikasi adalah hal yang penting. Di sisi lain kebera daan menara pemancar menimbulkan potensi untuk timbulnya gangguan bagi masyarakat disekitarnya. Oleh karena itu, penelitian ini disusun agar masyarakat perlu mengetahui dampak dari radiasi elektromagnetik dari pemancar telekomunikasi terhadap kesehatan masyarakat yang tinggal disekitarnya.

Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Bahaya Radiasi Gelombang Elektromagnetik Bagi Kesehatan Masyarakat di sekitar Menara Pemancar Sinyal Telepon Seluler (Base Transceiver Station)”.




B.   RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang diatas maka penulis mengambil rumusan masalah sebagai berikut:

a.    Apakah dampak dari Radiasi Gelombang Elektromagnetik Bagi Kesehatan Masyarakat di sekitar Menara Pemancar Sinyal Telepon Seluler?
b.    Bagaimana solusi yang tepat untuk memperkecil Radiasi Gelombang Elektromagnetik Bagi Kesehatan Masyarakat di sekitar Menara Pemancar Sinyal Telepon Seluler?

C.   TUJUAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan makalah ini meliputi:

a.    Menjelaskan berbagai dampak Radiasi Gelombang Elektromagnetik Bagi Kesehatan Masyarakat di sekitar Menara Pemancar Telekomunikasi.
b.    Menjelaskan solusi yang tepat untuk memperkecil dampak dari Radiasi Gelombang Elektromagnetik Bagi Kesehatan Masyarakat di sekitar Menara Pemancar Telekomunikasi
















BAB II
LANDASAN TEORI

A.   Definisi Radiasi Elektromagnetik
    
Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik/cahaya (foton) dari sumber radiasi. Ada beberapa sumber radiasi yang kita kenal di sekitar kehidupan kita, contohnya adalah televisi, lampu penerangan, alat pemanas makanan (microwave oven), komputer, dan lain-lain.Radiasi dalam bentuk gelombang elektromagnetik atau disebut juga dengan foton adalah jenis radiasi yang tidak mempunyai massa dan muatan listrik. Misalnya adalah gamma dan sinar-X, dan juga termasuk radiasi tampak seperti sinar lampu, sinar matahari, gelombang microwave, radar dan handphone, Menurut BATAN, 2008.

     Radiasi elektromagnetik adalah kombinasi medan listrik dan medan magnet yang berosilasi dan merambat lewat ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain. Cahaya tampak adalah salah satu bentuk radiasi elektromagnetik. Penelitian teoritis tentang radiasi elektromagnetik disebut elektrodinamik, sub-bidang elektromagnetisme., menurut WIKIPEDIA 2014.

     Jadi dapat disimpulkan Radiasi elektromagnetik adalah salah satu bentuk energy yang merambat pada kecepatan cahaya, (300.000Km/s). Ketika merambat, energinya beralih bolak-balik di antara medan listrik dan magnet. Ketika medan listrik menguat maka medan magnet melemah, dan sebaliknya. Laju perpindahan antarmedan ini disebut frekuensi radiasi. Setiap radiasi elektromagnetik memiliki frekuensi masing-masing.



Selengkapnya Download disini

Tidak ada komentar: