cari

Dampak Tingkat Pendidikan terhadap Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Nusa Bakti



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
      Semua orang mengerti tentang arti penting sebuah pendidikan dalam kehidupan kita saat ini seperti kita tahu pendidikan adalah Bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain.
      Ditegaskan oleh M.J. Longeveled bahwa Pendidikan merupakan usaha , pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak agar tertuju kepada kedewasaannya, atau lebih tepatnya membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri.
      Banyak penilaian umum mengenai keadaan ekonomi bangsa Indonesia yang saat ini belum lepas dari krisis adalah akibat dari rendahnya kualitas pendidikan bangsa Indonesia. Terlebih di Daerah diluar pulau jawa. Kulitas pendidikan di daerah luar pulau jawa tidak terawasi sehingga banyak lulusan sekolah dengan kualitas rendah yang berujung pada rendahnya pengetahuan dan penguasaan aspek iklim ekonomi yang merupakan penyebab kemiskinan dan pengangguran. Hal seperti ini juga terjadi pada masyrakat Desa Nusabakti Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur.
      Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul Dampak Tingkat Pendidikan terhadap Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Nusa Bakti”.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa dampak Pendidikan terhadap kesejahteraan ekonomi.?
2.      Bagaiman solusi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat.

C.    TUJUAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan makalah ini meliputi:
1.      Menjelaskan dampak Pendidikan terhadap kesejahteraan ekonomi.
2.      Menjelaskan solusi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat.



D.    METODE PENELITIAN
Metode yang digunakan adalah metode literatur, yaitu suatu metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan cara membaca buku-buku dan situs-situs internet yang berhubungan dengan dampak Pendidikan terhadap Kesejahteraan Ekonomi.


E.     WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Ø  Pelaksanaan penelitian akan dilaksanakan pada tanggal 7 – 21 November 2014
Ø  Pelaksanaan penelitian akan dilaksanakan di desa Nusa Bakti, Kecamatan Belitang III, Kabupaten OKU Timur.



Selengkapnya Download disini

Tidak ada komentar: