cari

Mekanisme Perbaikan Gardan Pada MITSUBISHI 125 PS CANTER



BAB I
PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang
Dalam kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya Garis – Garis Besar Program Pengajaran (GBPP). Disebutkan bahwa SMK sebagian dari pendidikan menengah dalam sistem pendidikan nasional.
PRAKERIN merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan keahlian yang memadukan antara dua cara program, yaitu program sekolah dan penyesuaian keahlian di dunia kerja untuk mencapai keahlian professional tertentu, dengan demikian diharapkan setiap lulusan SMK siap untuk menghadapi dunia kerja.

1.2.Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
a.      Tujuan Umum
Setelah melakukan Praktek Kerja Industri siswa diharapkan dapat menghayati dan memahami proses kegiatan dan dapat mengenal komponen – komponen yang ada sehingga dapat meningkatkan keahlian sesuai dengan tuntutan padat dunia kerja yang sesungguhnya, serta memenuhi tuntutan kopetensi dalam kurikulum pembelajaran.
b.      Tujuan Khusus
1. Dapat menjelaskan data – data produksi tempat praktek.
2. Dapat menganalisa tugas dan kopetensi yang diperlukan oleh siswa SMK dalam rangka menghadapi dunia usaha dan dunia kerja.



1.3. Tujuan Pembuatan Laporan
Sebagai syarat mengikuti ujian nasional dan ujian kopetensi, dan sebagai bukti fisik mengikuti kegiatan PRAKERIN di bengkel mobil Maestro Capin selama dua bulan.

1.4. Metode Pengumpulan Data
Menyusun laporan diperlukan data yang lengkap sehingga dapat mempermudah dalam menyusun laporan. Adapun metode – metode yang digunakan penulis gunakan untuk memperoleh data adalah sebagai berikut.
a.    Metode Wawancara
Agar dapat memperoleh informasi, dengan cara menanyakan langsung dengan pembimbing yang belum dimengerti.
b.   Metode Observasi
Suatu cara untuk memperoleh data dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap kegiatan yang berjalan di instansi tempat PRAKERIN.










BAB II
MATERI

2.1. Sejarah Singkat Berdirinya Bengkel Maestro Capin
            Berdirinya Bengkel Maestro (Capin) berawal dari bengkel motor yang pindah dari Jawa ke Sumatera, tepatnya di desa Nusa Jaya. Seiring waktu bengkel motor capin berubah menjadi bengkel mobil Maestro, karena tuntutan kebutuhan layanan perbaikan mobil yang tidak terlayani semakin meninggkat, seiring dengan tingkat pertumbuhan kepemilikan kendaraan mobil
            Pada waktu itu bengkel mobil tidak ada di kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, khususnya di desa Nusa Jaya, karena banyaknya pelanggan yang memperbaiki mobil di bengkel Maestro Capin, lalu beralihlah bengkel motor Capin menjadi bengkel mobil Maestro Capin, yang secara khusus melayani perbaikan kendaraan mobil.

2.2. Struktur Organisasi


 










2.3. Disiplin Kerja
            Dalam pekerjaan, pegawai dijadwalkan mulai bekerja pukul 08.00 dan menyapu halaman bengkel pada jam 11.30 – 13.00 adalah istirahat semua karyawan melakukan ibadah sholat. Setelah semua selesai para pegawai langsung bekerja kembali. Di dalam pekerjaan mereka sangat kompak dan saling membantu apabila mendapat kesulitan, sehingga mampu menyelesaikan permasalahan dengan baik.

2.4. Pemeliharaan dan Perawatan Lokasi Kerja
            Keadaan lingkungan yang terawat dan dan nyaman tentu akan menambah motivasi kerja bagi setiap karyawan dan pemilik bengkel, oleh karena itu para pegawai selesai memperbaiki mobil, semua kunci harus dicuci dengan bensin dan diletakkan pada tempatnya dan juga membersihkan tempat yang digunakan untuk memperbaiki mobil, sehingga keaadaan lingkungan tetap bersih dan nyaman.








BAB III
PEMBAHASAN
GARDAN MITSUBISHI 125 PS CANTER


3.1 Uraian Teori
Differential atau sering dikenal dengan nama gardan adalah komponen pada mobil yang  berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda yang sebelumnya melewati transmisi dan propeller shaft . Sekedar untuk mengingatkan Anda , bahwa putaran roda semuanya berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Proses pembakaran inilah yang kemudian akan menggerakkan piston untuk bergerak naik turun . Lalu  gerak naik turun piston ini akan diteruskan untuk memutar poros engkol .
3.2 Analisa Komponen
Adapun komponen - komponen utama gardan adalah sebagai berikut :
·         Final gear : terdiri atas ring gear dan drive pinion . 
·         Differential gear : terdiri atas pinion gear , side gear dan differential carrier.

2-23.jpg
Bagian-bagian Gardan



3.3 Job Sheet
Alat dan bahan:
a.      Alat:
1.      Kunci shock set sampai seri 27 mm dengan sambungan dan stang
2.      Kunci pass-ring set sampai 24 mm
3.      Pipa
4.      Palu
5.      pahat
6.      dongkrak
2069650_sokset28pcselora.jpg                            download (7).jpg
Kunci Shock set + sambungan + stang                                           Kunci Pass-ring set

download (8).jpg              Palu karet.jpg           16-332_mid_res-300x130.jpg
Pipa besi                                                               palu                                                        pahat
images (4).jpg
Dongkrak

b.      Bahan:
Satu buah mobil mitsubishi 125 PS.
mitsubishi_truk_canter_125ps_2007_8050126415153765685.jpgPS125 RUMAH GARDAN BELAKANG.jpg

3.4 Pelepasan
            Langkah – langkah pembongkaran adalah sebagai berikut.
a.       tap oli garden dengan melepas baut dengan kunci shock 14.
b.      Buka as silang 4 atau pro join dengan kunci 17 shock
c.       Buka dudukan klahar gantung dengan kunci shock 22
d.      Buka rumahan gardan dengan kunci 17 ring pass
e.       Dongkrak sedikit di ujung rumah garden, setelah terbuka congkel dengan pahat.
f.       Buka baut kancingan dan setelan klahar dengan kunci 12 pas.
g.      Buka baut silang 4 dengan kunci 19 shock
h.      Buka baut dudukan nop klahar dengan kuci 24
i.        Setelah terbuka semua anggkat dan buka baut silang 4 dan angkat dari rumah garden
Setelah terbongkar secara keseluruhan tentu dapat kita lihat kerusakan yang terjadi pada garden, cek pinion gear baik yang besar atau yang kecil. Periksa juga ring gear dan ring-ring pinion. Pada garden masalah yang paling sering munculadalah aus dan patah pada gigi-gigi gear pinion atau ring pinion atau setelan kiri kanan tidak dalam posisi yang benar. Jika sudah didapat perangkat yang aus atau rusaksegera lakukan penggantian, atau didapat setelan tidak baik lakukan tindakan penyetelan ulang.
3.5 Penyetelan
Ø  Masukan dan tata pinion kecil,pinion besar, dan ring pinion dalam silang 4 dan kencangkan  baut penutup dudukan silang 4 dengan kunci 19.
Ø  Setelah itu pasang klahar kiri dan kanan kedalam rumahan, kemudian masukan nop. Penyetelan gardan kiri kanan dan di ikat dengan baut 24 setelah distel kiri kanan pada posisi yang benar ditandai dengan tidak ada selah disisi kiri maupun kanan kemudian kencangkan baut setelan dengan kunci ring 12.

3.6 Pemasangan
Sebelum  gardan dimasukan keserumbung, bersihkan lebih dahulu sisa oli yang masih berada diserumbung sampai kering menggunakan lap kain, terutama bagian yang akan di beri dengan lem siler, baru kemudian oleskan lem lalu masukan rumah gardan ke serumbung. Ikat dan kencangkan baut dengan kunci 17 begitu juga dengan dudukannya. Pasang as roda ke silang 4, masukan oli gardan, tutup baut oli. Demikian langkah pemasangan gardan Mitsubishi 125 PS atau lebih dikenal dengan sebutan Canter.

3.7 Hasil yang dicapai
Setelah mendapat perbaikan gardan, maka hasil yang didapat pada kendaraan adalah sebagai berikut:.
a.       Proses penghantar tenaga dari tranmisi ke roda maksimal.
b.      Akselerasi dan tenaga kendaraan baik.
c.       Setelah gardan diservis, mobil menjadi nyaman saat dikendarai.

BAB IV
PENUTUP

4.1. Kesimpulan
            Berdasarkan hasil Praktek Kerja Industri yang telah terlaksana selama 2 bulan terhitung sejak 8 Deseember 2014 sampai 8 Februari 2015 dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
a.       PRAKERIN berfungsi sebagai wahana penerapan peningkatan semua pengetahuan dan keterampilan serta peningkatan pemahaman wawasan siswa terhadap dunia kerja, khususnya di bengkel mobil Maestro Capin.
b.      Pelaksanaan PRAKERIN dapat menambah keterampilan dan wawaasan serta pengalaman sehingga siswa dapat menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang memiliki kualitas cukup memadai.
c.       Pelaksanaan PRAKERIN dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan yang lebih luas tentang pekerjaan, khususnya di bengkel mobil Maesro Capin.
d.      Bengkel Maestro Capin adalah suatu bengkel yang bergerak di bidang jasa perbaikan dan pembaruan mobil.
e.       Transmisi sangat berpengaruh terhadap kenyamanan sebuah mobil. Dengan diservisnya transmisi membuat mobil menjadi lebih nyaman saat dikendarai.
f.       Pemasangan komponen transmisi harus tepat dan cara pengencangan baut dan mur harus kencang.




4.2. Saran
A. Saran Untuk Pihak Perusahaan / Bengkel
            Saran yang dapat penulis berikan untuk bengkel mobil Maestro Capin adalah sebagai berikut.
1.      Kebersihan lingkungan harus dijaga agar tetap bersih, terbebas dari sampah.
2.      Perlu bertambahnya cabang di luar bengkel Maestro Capin.
3.      Bengkel mobil Maestro Capin sebaiknya terlebih dahulu melakukan pengetesan potensi (uji kemampuan) kepada para siswa yang ingin melakukan PRAKERIN di bengkel Maestro Capin agar para siswa saat PRAKERIN tidak bingung untuk mengambil sikap kerja.
4.      Untuk masalah siswa PRAKERIN agar lebih diperhatikan teori dan praktek dan memperkerjakan siswanya sesuai dengan bidang studynya, agar tidak terjadi kesalahan tempat magang.
B. Saran Untuk Pihak Sekolah
1.      Untuk para siswa yang akan melakukan PRAKERIN sebaiknya terlebih dahulu dibekali ilmu agar para siswa tidak terlalu bingung untuk melakukan Praktek Kerja Industri di tempat magang.
2.      Sebaiknya sekolah mencarikan perusahaan / bengkel untuk siswa yang PRAKERIN yang sesuai dengan bindang studi nya agar para siswa tidak sia – sia dalam melakukan PRAKERIN.
3.      Dalam PRAKERIN sekolah jangan terlalu membebankan siswanya untuk masalah laporan hasil PRAKERIN.