cari

Mengganti kanvas rem cakram Mega Pro Primus




2.1 Job Sheet

Alat :
Alat:
1.      Kunci Pas Ring Set
2.      Obeng min(-)
3.      Obeng Plus(+)
4.      Kunci L Bintang

Bahan
1 unit Honda Mega Pro.

Gambar Alat
1.       Kunci Pas Ring Set
2.      Obeng Min(-) dan Plus (+)     
3.      Kunci L Bintang

Gambar Bahan
Honda Mega Pro
2.2  Langkah Kerja
2.2.1        Pelepasan Cakram
Untuk melepas komponen rem cakram pada motor mega pro dengan baik perlu mengikuti langkah kerja berikut:
1.      Lepaskan kaliper dari dudukan dengan kunci l bintang 8
2.      Longgarkan penbaut pen kaliper  kunci pas 11 dan obeng Min (-)
3.      Lepas kampas rem (disk pad)
4.      Lepas baut master rem oli.
5.      Dorong piston kaliper masuk kedalam


2.2.2        Pemeriksaan
1.      Rem berisik dan tidak pakem
Permasalah seperti ini sering muncul karena pak rem habis, sehingga yang tersisa haya besi kampas yang begesekan dengan plat pringan. Penangan maslah ini dilakukan dengan penggantian kampas rem.
2.      Rem slong
Pada jenis ini lebih dikarenakan keadaan fluida pada system rem bisa jadi masuk angin, minyak rem habis, minyak rem bocor, karet master cakram bocor.
Pengangana untuk masuk angin pada selang hidrolik dilakukan dengan membuka tutup master rem kemudian memompa tuas rem hingga minya masuk dan gelembung udara keluar.
Penanganan untuk minyak yang habis adalah menambahkan atau mengganti dengan miyak baru.Pada karet master yang rusak harus diganti dengan karet baru.
3.      Rem berat
Tidak jarang setelah melewati jalan berdebu atau berlumpur remcakram jadi lebih berat hal ini karena pen lubang pen kaliper dan are disekitar piston kaliper kotor. Pengananannya adalan dibersihkan kemudian di minyaki bias gunakan minyak rantai agar lebih mudah aplikasinya.
2.2.3        Pemasangan Cakram
Setelah melakukan penggantian part atau perawatan lain. Maka cakram harus kembali dipasangan denga prosedur berikut ini.
1.      Tekan piston kaliper kedalam dengan obeng min dan masukan kampas rem bagian dalam posisi master rem masih terbuka, kemudian baru kampas bagian luar.
2.      Rengangkan pen kaliper dan posisikan kedua kampas dikanan kiri piringan.
3.      Pasang kaliper pada dudukan dan kencangkan dengan kunci L 8 bintang.
4.      Kencangkan semua baut selang hidrolik dengan kunci pas 11
5.      Pastikan kondisi minyak cukup sesuai standar.
6.      Pompa tuas sampai terasa Kenya dan untum memastikan tidak masuk angin.
7.      Pasang karet pada master rem.
8.      Tutup dan kencangkan baut penutup maste rem dengan obeng Plus (+)
9.      Rem cakram siap di uji coba
2.3  Ujicoba
Sebelum menyerahkan kendaraan kepada pemelikiperlu dilakukan uji coba oleh mekanik. Pada perbaikan cakram uji coba yang dilakukan adalah sebagai berikut: tarik tuas rem dan dorong motor kedepan jika rem cakram bekerja baik maka roda tidak berputar tetapi hanya memantul saja shok depannya. Kemudian lakukan test driving lakukan pengereman beberapa kali.  Setelah lolos uji coba maka kendaraan siap di kembalikan kepada pemilik